JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON

KETERANGAN SINGKAT BATA RINGAN CELCON :

Bata Ringan Celcon diolah menurut suatu proses teknologi tinggi menggunakan patent international yang diawasi dengan ketat. Bata Ringan Celcon dibuat dengan bahan-bahan mentah yang sebagian besar didapatkan di dalam negeri seperti pasir silica, kapur dan semen PC, dengan tambahan sedikit bubuk alumina yang masih didatangkan dari luar negeri. Pasir silica yang digerus dalam suatu sandmill dicampur dengan air menjadi suatu cairan yang diaduk bersama-sama dengan kapur atau semen dan bubuk alumina menjadi suatu campuran. Campuran ini dituangkan ke dalam cetakan-cetakan besar dimana terjadi suatu proses kimia yang membebaskan gas-gas hydrogen, menyebabkan massa campuran berkembang karena terbentuk sel-sel spheris yang tertutup dan terbagi merata dalam massa campuran, yang memberikan sifat-sifat fisik yang khas itu kepada Bata Ringan Celcon.

Jika mulai mengeras, massa campuran itu dipotong-potong menjadi block-block dengan ukuran-ukuran yang dikehendaki dengan toleransi yang ketat. Block-block ini kemudian dimasukkan dan dimatangkan dalam autoclave-autoclave untuk mengeras di bawah tekanan uap yang tinggi dan untuk menyelesaikan proses kimia yang masih berlangsung, dan menjamin hasil produksi yang stabil dan siap untuk dipakai. Bata Ringan Celcon yang dibuat demikian adalah bahan bangunan yang sempurna dan dapat digunakan sebagai bahan dinding luar maupun dinding dalam dan dinding pemisah, untuk :
  • Bangunan-bangunan bertingkat.
  • Bangunan rumah biasa.
  • Bangunan-bangunan pabrik, kantor, rumah sakit, dsb.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN BATA RINGAN CELCON :

  • Ringan membuat bangunan menjadi lebih ringan, yang berarti mengurangi ukuran-ukuran kolom, balok dan pondasi dan mempercepat masa pelaksanaan.
  • Daya isolasi yang tinggi terhadap panas, yang berarti menghemat energi dan mengurangi ongkos penggunaan AC.
  • Daya absorbsi yang tinggi terhadap suara, menjamin keleluasaan pribadi.
  • Dapat dikerjakan dengan alat-alat pertukangan biasa.
  • Memberikan perlindungan terhadap kebakaran.
  • Menjamin serangan-serangan rayap dan serangga-serangga lain.


SIFAT-SIFAT DAN SPESIFIKASI TEKNIK BATA RINGAN CELCON MEMENUHI PERSYARATAN BRITISH STANDARD (BS) 6073 - 1981 :

- BOBOT ISI ATAU DENSITY
Bata Ringan Celcon dalam keadaan kering oven pada 105°C mempunyai bobot isi 650 Kg/m³ dan dalam keadaan berkadar air 5% mempunyai bobot isi 700 Kg/m³. Maka bobot isi beton ringan aerated kira-kira ⅓ bobot isi beton biasa dan kira-kira ½ bobot isi bata merah. Dengan demikian penggunaan Bata Ringan Celcon akan mengurangi berat bangunan, yang berarti menguntungkan sekali dalam perhitungan pondasi dan konstruksi balok atau kolom bangunan.

- KETAHANAN API ATAU FIRE RESISTANCE
Bata Ringan Celcon dibuat dari bahan silica yang anorganis, sehingga tidak akan dapat menyala ataupun mengarang oleh api. Bata Ringan Celcon merupakan bahan pelindung yang baik sekali terhadap bahaya kebakaran. Tembok yang memikul beban mempunyai ketahanan api selama ½ jam untuk ketebalan tiap 25 mm Bata Ringan Celcon. Tembok yang tidak memikul beban mempunyai ketahanan api selama 1 jam untuk ketebalan tiap 25 mm Bata Ringan Celcon.

- KONDUKTIVITAS PANAS ATAU THERMAL CONDUCTIVITY
Bata Ringan Celcon mempunyai konduktivitas panas atau kemampuan untuk menghantarkan panas secara konduksi yang rendah, yaitu K = 0.18 W/M°C. Ini berarti bahwa Bata Ringan Celcon mempunyai daya isolasi panas atau sebaliknya mempunyai daya penahanan panas yang tinggi. Sifat kemampuan ini menguntungkan sekali untuk menghalau panas matahari dari luar masuk ke dalam ruangan, yang berarti pula penggunaan air conditioning yang lebih ekonomis.

- KUAT  TEKAN ATAU COMPRESSIVE STRENGTH
Meskipun Bata Ringan Celcon mempunyai bobot isi yang kecil, namun Bata Ringan Celcon mempunyai sifat-sifat kekuatan yang luar biasa. Kuat tekannya rata-rata 3.65 N/mm² atau kurang lebih 36 Kp/cm². Dengan panjang 590 mm dan tebal 100 mm Bata Ringan Celcon dapat memikul beban sampai 20 ton.

- ABSORBSI DAN PENETRASI AIR ATAU ABSORPTION DAN WATER PENETRATION
Dalam lingkungan yang basah Bata Ringan Celcon dapat menyerap air sedikit sekali, karena struktur sel-sel tertutup. Penetrasi air ke dalam Bata Ringan Celcon kecil sekali. Penyelidikan-penyelidikan memberikan hasil-hasil seperti berikut :
TENGGANG WAKTU PENYELIDIKAN
(JAM)
BIDANG BASAH x 100%
BIDANG TOTAL
5.5
0.4
29.5
18.6
48.0
80.6

- ISOLASI SUARA ATAU SOUND INSULATION
Bata Ringan Celcon mempunyai daya isolasi terhadap suara yang cukup baik. Dibandingkan dengan dinding bata atau dinding beton, dinding Bata Ringan Celcon dapat memberikan perlindungan yang lebih besar terhadap suara dari luar. Konstruksi dinding-dinding pemisah yang sudah diselidiki dan memenuhi persyaratan antara lain :
  • Konstruksi dua dinding Bata Ringan Celcon masing-masing setebal 100 mm dengan ruang antara 75 mm dan diplester setebal 13 mm kedua bidang luarnya.
  • Dinding Bata Ringan Celcon setebal 215 mm dan diplester 13 mm kedua bidangnya.

- SUSUT KERING ATAU DRYING SHRINKAGE
Karena dimatangkan dalam otoklaf maka penyusutan Bata Ringan Celcon jika mengering adalah kecil sekali, rata-rata 0.01%, sehingga dapat diabaikan. Dinding Bata Ringan Celcon tidak akan memperlihatkan retak-retak yang disebabkan oleh penyusutan Bata Ringan Celcon.

- UKURAN STANDAR BATA RINGAN CELCON
Panjang x Tinggi Blok
590 x 440 mm
590 x 190 mm
Tebal Blok dalam mm
75 100 125 150
75 100 125 150
Jumlah Blok tiap m³
51.4 38.5 30.8 25.7
118.9 89.0 71.4 59.5
Jumlah m² Tembok tiap m³
13.33 10.00 8.00 6.67
13.33 10.00 8.00 6.67

JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON
BATA RINGAN JAYA CELCON
JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON
BATA RINGAN JAYA CELCON
JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON
BATA RINGAN JAYA CELCON
JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON
BATA RINGAN JAYA CELCON
SPESIFIKASI BATA RINGAN JAYA CELCON
SPESIFIKASI BATA RINGAN JAYA CELCON


JUAL BATA RINGAN JAYA CELCON SURABAYA, JAKARTA, SIDOARJO, SEMARANG, BANYUWANGI, BEKASI, PALEMBANG, PEKANBARU, MEDAN, SEMARANG, MAKASSAR, BANJARMASIN, BALIKPAPAN, SAMARINDA, BONTANG, KUTAI KERTANEGARA, SOLO, JOGJAKARTA, BANDUNG, PALU, MANADO, PAPUA, FLORES, KUPANG, PALANGKARAYA, PONTIANAK, LAMPUNG, JAMBI, MATARAM, LOMBOK, MADURA, MADIUN, PURWOKERTO, CILACAP, TANGERANG, BOGOR, ACEH, PROBOLINGGO, PASURUAN, MALANG, INDONESIA