Mengenal Beberapa Jenis Tandon Air ! Lengkap Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Jenis Tandon Air - Pada sebuah tempat tinggal, tandon air dibuat sebagai tempat penampungan air untuk memenuhi kebutuhan pasokan air sehari-hari. Sebelum memilih tandon air, alangkah lebih baiknya kita mengenali dulu jenis, kelebihan, beserta kekurangannya berikut ini. Tandon air yang banyak digunakan masyarakat di negara kita terbuat dari bahan fiberglass, stainless steel, dan polyethylene. Terbudat dengan material yang berbeda-beda. tentunya beda juga ketahanannya. Mari kita simak penjelasan lebih detail mengenai tandon air sebagai berikut.
Jenis-Jenis Tandon Air
Jenis-Jenis Tandon Air

Tiga Manfaat Penggunaan Tandon Air Untuk Kebutuhan Rumah Tangga

1. Sebagai Solusi Untuk Menghemat Beban Tagihan Listrik 
JIka kita sering menyalakan dan mematikan pompa air, hal tersbut akan membuat tagihan listrik akan menjadi membengkak. Solusi yang tepat supaya hal tersebut tidak terjadi pada Anda adalah ini tidak terjadi pada Anda adalah dengan menggunakan tandon air. Dengan menggunakan tandon air, Anda cukup menggunakan satu kali tenaga listrik untuk mengisinya hingga penuh. Cukup simple bukan ?

2. Masih tetap mendapatkan pasokan air meskipun listrik padam
Masih berhubungan dengan poin di atas. Fungsi penggunaan tandon air untuk memenuhi kebutuhan rumah adalah supaya anda terlatih untuk tidak tergantung pada penggunaan listrik agar mendapatkan pasoka kebutuhan air bersih. Apabila ditempat anda sedang mengalami pemadaman listrik, anda tetap masih bisa mempnyai persediaan air yang cukup.

3. Tandon Air dapat digunakan untuk fungsi lain 
Jika tandon air ditempat anda sudah tidak di gunakan, alangkah lebih baik jika tandon air tersebut digunakan untuk menampung air hujan atau menyimpan air untuk kebutuhan lain. Selain karena memang mempunyai ukurannya yang besar, hal tersebut sangat membantu masyarakat yang hidup sangat jauh dengan hilir sungai. Karena umumnya mereka memanfaatkan ai hujan dan menampungnya untuk kebutuhan seperti bercocok tanam dan bertani atau untuk irigasi pengairan sawah. 


Mengenal Jenis Tandon Air Fiberglass, Stainless Steel, dan Polyethylene

Supaya Anda mengetahui jenis tandon air seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut ini anugerah ajitama menyajikan keterangan lengkap beserta kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis tandon air tersebut :

1. Tandon Air Fiberglass

Tandon air fiberglass diproduksi dari bahan FRP sehingga tekstur mempunyai tekstur dinding yang lebih keras jika dibandingkan dengan tandon air jenis lain. Tandon air fiber glass ini dijual cukup murah dan mempunyai bobot yang cukup ringan. Namun, akan tetapi kekurangan dari jenis tandon air ini juga cukup banyak, diantaranya :
Harga Tandon Air Fiberglass
Tandon Air Fiberglass
Kekurangan Tandon Air Fiber Glass :
  • Tidak tahan lama
  • Biaya perawatan mahal dan sulit
  • Bahan fiber yang dapat larut didalam air dan jika tanpa disengaja terkonsumsi oleh tubuh, maka hal tersebut dapat menyebabkan penyakit kanker
  • Rentan terhadap benturan dan dinding tangki mudah retak
  • Tidak tahan terhadap UV dan oksidasi bila terjemur sinar matahari, Memudahkan untuk bertumbuhnya jamur yang akan mengurangi kualitas air di dalamnya.
  • Bagian dinding yang keropos sulit diperbaiki 


2. Tandon Air Polyethylene

Tandon air jenis polyethylene merupakan salah satu ini jenis tandon air yang paling banyak digunakan di Indonesia. Karena umumnya tandon air ini sangat banyak sekali diproduksi dan dijual dipasaran. Tandon air polyethylene terbuat dengan bahan dasar plastik PE yang mempunyai kelebihan seperti tahan terhadap benturan dan tekanan serta tidak gampang bocor. Selain itu bagian dalam dari tandon air ini dilapisi dengan lapisan anti jamur dan lumut. Beikut ini adalah produk dari tandon air berbahan polyethylene :
Harga Tandon Air Mpoin
Tandon Air Mpoin
Harga Tandon Air Pennyu
Tandon Air Pennyu
Kelebihan Tandon Air Polyethylene :
  • Telah memiliki standarisasi SNI dan mendapat pengakuan dari FDA USA, sehingga produk tandon air polyethylene sangat aman dan direkomendasikan untuk digunakan.
  • Terbuat dari bahan plastik dan memiliki bobot yang sangat ringan sehingga mudah untuk dipindahkan 
Kekurangan Tandon Air Polyethylene :
  • Terkesan kurang mewah dan eksklusif jika dibandingkan dengan tandon air stainless steel
  • Terkadang terdapat produk tandon air jenis ini yang masih tembus cahaya, sehingga lumut atau jamur masih dapat tumbuh dan berkembang didalam tandon air.


3. Tandon Air Stainless Steel

Tandon air stainless steel terbuat dari bahan yang 100% aman. Tidak mengandung merkuri serta perawatannya sangat mudah. Cara membersihkan tandon air stainless steel juga tidak rumit. Umumnya tandon air jenis ini dibuat dengan bahan stainless steel bertipe SS 304, dimana umumnya mempunyain harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan tandon air jenis lain. Berikut ini adalah produk tandon air yang menggunakan bahan stainless steel dalam proses pembuatannya :
Tandon Air Stainless Steel Covina
Tandon Air Stainless Steel Covina
Tandon Air Stainless Steel Maspion
Tandon Air Stainless Steel Maspion
Kelebihan Tandon Air Stainless Steel :
  • Cahaya sulit untuk masuk pada dinding tandon, hal ini membuat lumut ataupun jamur tidak dapat tumbuh dan bekembang didalam tandon air stainless steel.
  • Mempunyai bentuk yang mewah, elegan, serta terlihat sangat eksklusif.
  • Tandon air stainless steel tidak mudah berubah bentuk, walaupun adanya tekanan air dari dalam tandon.
  • Telah mendapatkan pengakuan dan sertifikasi dari FDA (Food, Drug & Administration), sehingga sangat aman jika digunakan untuk kebutuhan konsumsi dan farmasi.
Kekurangan Tandon Air Stainless Steel :
  • Mempunyai daya tahan terhadap cairan kimia yang sangat terbatas.
  • Proses terjadinya korosi atau karatan pada bagian las atau sambungan sangat mudah. Terutama jika di gunakan pada daerah dekat dengan pantai.
  • Umumnya tandon air stainless steel penggunaanya terbatas hanya untuk penyimpanan air bersih atau PAM. Karena jika tandon air ini di isi dengan air tanah yang masih mengandung zat asam, dimana hal tersebut dapat membuat tandon air mudah mengalami korosi.
  • Biaya perbaikan tandon air ini relatif mahal.
  • Jika terjadi kebocoran pada dinding tangki, akan cukup sulit diperbaiki atau ditambal.


Cara Menghitung Pasokan Kebutuhan Air Untuk Rumah Tangga Per Hari

Setelah mempelajari dan mengenal beberapa jenis dari tandon air dengan material yang berbeda-beda, sekarang saatnya kita mempelajari kapasitas dari tandon air. Hal ini sangat penting karena tandon air yang kita miliki harus bisa memenuhi pasokan kebutuhan air untuk semua penghuni rumah. Rumus umum yang digunakan untuk menghitung kebutuhan konsumsi air per hari adalah sebagai berikut :

Jumlah pengguna X angka variabel penggunaan air. Contohnya seperti rumah mewah didalam wilayah perkotaan, jika setiap orang didalam rumah menghabiskan 250 liter/hari. Maka total volume air yang dibutuhkan jika didalam rumah terdapat 4 orang adalah sebagai berikut :

Jumlah pengguna X angka variable penggunaan air (4 x 250 = 1000 liter/hari). Jadi jika mengacu pada hasil tersebut, maka alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan tandon air dengan kapasitas diatas 1000 liter. 


Menyesuaikan Ukuran untuk Penempatan Tandon Air Pada Rumah Tinggal

Sebelum memutuskan untuk membeli tandon air alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui ukuran luasan area yang nantinya akan kita gunakan sebagai tempat berdirinya tandon. Ukurlah dengan detail, gunakan alat penghitung ukuran seperti pita ukur atau laser. Hal ini merupakan hal yang penting, supaya pada saat anda telah memutuskan untuk membeli tandon air, Anda tidak perlu lagi bingung penempatannya. Perhitungkan juga luasan area untuk instalasi pipa dan luasan area sisi tandon, supaya mempermudah kita dikemudian hari untuk mengontrol, memperbaiki dan membersihkan tangki air.

Bagaimana, apakah Anda sudah lebih paham mengenai jenis-jenis dari tandon air dan cara menghitung pasokan kebutuhan airnya ? Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat bermanfaat yah, terimakasih.


Bagaimana, Apakah Anda berminat dan tertarik untuk menggunakan Tandon Air ?
Dapatkan penawaran harga terbaik hanya di CV. Anugerah Ajitama
Hubungi kami di (031) 8959416 atau di 0822 2052 4447 (Mobile/Whastapp)
Kami Melayani Penjualan Hingga Seluruh Pelosok Indonesia !