Cara Pemasangan Tandon Air yang Benar

Pemasangan Tandon Air - Bicara mengenai Tandon Air, hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk diulas dan dibicarakan. Sebab ini adalah sistem atau alat sirkulasi air yang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan air dirumah Anda. Seperti kebutuhan mencuci baju, mandi, bahkan untuk air konsumsi sekalipun, tentunya hal ini adalah kebutuhan yang penting di rumah Anda bukan ? Mengingat membuat susunan perencanaan untuk instalasi tandon air diatas rumah anda merupakan hal yang penting, maka hal ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kita bahas, supaya proses pemasangannya nanti menjadi lebih efektik dan efisien.


Instalasi Tandon Air Diatas Rumah

Telah banyak kita ketahui, bahwa pemasangan tandon air yang benar untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga memang sangat mempengaruhi tahan lamanya penggunaan tandon air. Tandon air yang dipasang dengan menggunakan perencanaan dan perhitungan yang tepat dan benar, tentunya jelas akan mempunyai kualitas yang lebih baik dan tahan lama. Masa penggunaannya pun juga pasti akan lebih panjang dibandingkan dengan tandon air yang dipasang dengan cara pengerjaan yang asal-asalan atau kurang tepat. 

Apabila kita perhatikan berat dan kapasitas muat tandon air secara seksama, tandon air yang berkapasitas 1000 liter dengan berat jenis kurang lebih sekitar 1 ton. Dapat Anda bayangkan apabila air sebanyak itu akan tebuang secara sia-sia karena proses pemasangan atau instalasinya kurang tepat dan matang. Meskipun tidak sampai merusak tandon air, akan tetapi hal ini merupakan pemborosan air dan membuat air merembes dan menggenangi banyak sudut rumah Anda apabila pemasangannya kurang tepat. Tentunya hal ini merupakan hal yang tidak anda inginkan bukan ? Maka dari itu, sangat penting kita perhatikan bagaimana cara pemasangan tandon air untuk rumah yang benar.


Merencanakan Letak Penempatan Tandon Air

Sebelum kita membahas lebih banyak tentang bagaimana cara pemasangan tandon air yang benar, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan dan pelajari yaitu tentang penempatannya. Bagaimana posisi tempat yang cocok untuk meletakkan tandon air di atas rumah ? mari kita ulas lebih dalam lagi.

Terlebih dahulu, Anda harus mempelajari dan memastikan tempat yang akan Anda jadikan sebagai tempat atau dudukan untuk tandon air. Bisa jadi berupa bentuk konstruksi menara tandon air yang di buat dari rangka besi atau bahkan beton yang bertulang. Pastikan kontur tanah yang akan Anda jadikan sebagai pondasi tandon air dalam kondisi stabil, datar dan aman. Tidak lupa untuk ukuran lebar tempat dudukan tandon atau pondasinya harus lebih lebar dibandingkan diameter lebar tandon air.

Alangkah lebih baik apabila Anda menghindari pemasangan atau memilih posisi penempatan dudukan untuk tandon air pada tempat yang sering menjadi lalu lalang penghuni rumah. Agar tidak menghambat lalu lalang penghuni rumah. Selain itu, lebih baik jangan memasang tandon air telalu dekat dengan Area septik atau saluran limbah. Supaya kondisi air didalamnya menjadi lebih sehat, steril dan jauh terhadap pencemaran.
instalasi tandon air diatas rumah
Pemasangan Tandon Air yang Benar

Bagaimana Cara Pemasangan Tandon Air yang Benar ?

Apabilan Anda sudah mendapatkan dan memilih tempat yang baik untuk meletakkan Tandon air di rumah Anda, baru kita lanjut ke proses berikutnya, yaitu membahas bagaimana cara pemasangan tandon air yang benar
  • Menyesuaikan besaran daya pompa yang dibutuhkan. Tempatkan posisi pompa air sedekat mungkin jaraknya dengan sumber air, dan letakkan pompa air pada posisi yang sangat mudah di jangkau, supaya proses pengecekan selanjutnya menjadi lebih mudah.
  • Usahakan untuk menghindari pemasangan pompa langsung menuju outlet tandon air tanpa memakai konektor yang fleksibel. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kebocoran atau kerusakan sambungan yang di sebabkan oleh getaran pompa air. Untuk meminimalisir getaran pada pompa air, Anda dapat membuat dudukan pompa yang kuat, dan memasangnya dengan menggunakan baut. 
  • Dan yang Terakhir, melakukan instalasi pipa secara tepat. Dengan meminimalisir sambungan dan sikuan supaya pipa terhindar dari kebocoran dan tidak menghambat aliran air. Setalah itu, pastikan Anda tidak lupa untuk memasang saringan di ujung pipa yang berfungsi sebagai penyaring pasir dan kotoran yang dapat menyebabkan pompa air tersumbat.


Berapa Ketinggan yang Sesuai untuk Pemasangan Tandon Air ?

Setelah menentukan tempat yang sesuai untuk penempatan tandon dan mengondisikan pemasangan pompanya, maka tahap selanjutnya yaitu memperkirakan letak ketinggiannya. Mengapa hal ini menjadi hal yang penting ? Karena letak ketinggian tandon air akan sangat mempengaruhi besar kecilnya tekanan air yang dihasilkan. Berikut ini adalah beberapa contoh saran ketinggian yang dapat anda pertimbangkan.

1. Tandon air pada ketinggian 2 - 4 meter.

Merupakan penempatan tandon air pada posisi yang paling rendah. Tandon air yang di letakkan pada ketinggian ini, biasanya lebih tepat untuk di gunakan untuk penggunaan air yang ringan. Pada ketinggian ini, Anda dapat memperkirakan penggunaan air yang minim. Oleh karena itu hal ini sangat cocok di terapkan di rumah Anda, apabila anda ingin menghemat beban biaya tagihan Air.

2. Tandon air pada ketinggian 4 - 6 meter.

Penempatan tandon air pada posisi ketinggian seperti ini bisa di kategorikan sedang. Pada ketinggian ini, tekanan air yang dihasilkan bisa mencapai 5 sampai 6 meter. Tekanan dan semburan air tersebut cukup apabila hanya di gunakan untuk sebatas keperluan mencuci mobil ataupun motor.

3. Tandon air pada ketinggian di atas 7 meter.

Tandon yang di tempatkan pada ketinggian di atas 7 meter, mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah air yang mengalir ke bawah akan mempunyai tekanan yang lebih besar. Dan kekurangannya adalah biasanya penggunaan air akan lebih boros.


Kesimpulannya, untuk mengatur pemasangan tandon air yang efektif dan efisien memerlukan perencanaan yang tepat dan matan. Di mulai dari tahap pemilihan lokasi, pembelian komponen aksesoris, hingga letak ketinggian untuk penempatan tandon air. Apabila semua telah Anda rencanakan dengan tepat dan benar, maka bisa dipastikan tidak akan ada pembengkakan beban biaya air dirumah Anda. Sekian ulasan singkat mengenai cara pemasangan tandon air yang benar dan bagaimana cara mengatur instalasi tandon air di atas rumah yang tepat. Apabila Anda merasa kesulitan pada saat proses pemasangannya, alangkah lebih baik apabila Anda menyerahkannya kepada tukang yang ahli di bidangnya. Supaya hasil yang Anda dapatkan bisa maksimal. Akan tetapi, apabila Anda dapat mengatur perencanaan nya  sendiri, maka hal itu akan jauh lebih baik. Semoga bermanfaat.


Apabila Anda membutuhkan Tandon Air Plastik atau Tandon Air Stainless Steel dengan berbagai macam type dan merk, kami CV. Anugerah Ajitama juga menyediakannya. Anda bisa menghubungi sales marketing kami di nomor (031) 8959416, atau mobile di 0822 2052 4447 (WhatsApp). Dapatkan penawaran harga dan pelayanan terbaik dari kami.